Bagaimana Anda Memotivasi Peserta Didik Anda Melakkukan Kebaikan Kepada Masyarakat

Saya ditantang untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang tidak mudah, pada kesempatan ini saya harus menjadi psikiator yang berpengaruh untuk memberikan motivasi kepada anak didik saya untuk berbuat baik kepada masyarakat sekitarnya. ini adalah masalah nilai, nilai yang baik itu tertular dari kebiasaan dan pembinaan yang baik. Ini juga tentang character building, yang mencipatkan  pribadi yang baiksehingga menjadi sebuah masyarakat yang peduli terhadap sesama.

Sudah menjadi tugas guru untuk mempengaruhi siswa menjadi lebih baik, baik untuk dirinya dan baik untuk orang lain. Sosok  Pribadi yang mandiri dapat mewujudkan keduanya. Seorang anak yang terdidik akan menumbuhkan nilai-nilai  kebaikan dalam kehidupannya sehari-hari. Ini perlu motivasi luar dan dalam untuk terwujudnya pribadi yang peduli terhadap lingkungannya. Yang mempengaruhi motivasi dari dalam adalah setiap individu ingin dihormati dan dihargai, anak-anak sangat suka kepada pengakuan. Pendekatan yang harus dilakuka adalah pendekatan agama, agama telah mengatur etika dan estetika dalam bermasyarakat. Saya lebih cendrung membangkitkan sisi religious anak-anak untuk memeotivasi diri mereka sendiri. Karena semua anak memimpikan surga.

Motivasi luar yang harus saya berikan kepada peserta didik saya adalah mempersiapkan mental sehat mereka sebagai pendorong utama motovasi mereka untuk berbuat baik. Mental sehat ini terwujud dari bimbingan character building, membiasakan berterima kasih,memberi, dan saling membantu, sehingga terciptanya  penghargaan dan hadiah. Sosok yang dihargai oleh komunitasnya akan memotivasi dirinya untuk berbuat lebih, walaupun hadiahnya hanya ucapan terimakasih. Untuk mendukung semua itu saya mengharuskan mereka untuk bercerita dan memberikan sedikit waktu saya untuk mendengar kebaikan apa saja yang telah mereka lakukan sebagai pengalaman tingkah laku mereka. Pengalaman tingkah laku tersebut akan memotivasi meraka untuk selalu berbuat baik.

Saya juga menganjurkan mereka untuk berpartisifasi dalam Kebiasaa dan  tingkah laku yang bergembang dalam kelompok masyarakat seperti kerja bakti, dan lainnya. Kebiasaan ini akan menumbuhkan morma-norma masyarakat yang peduli terhadap lingkungannya.anak-anak yang aktif mengikuti kebiasaan ini akan peka terhadap komunitasnya. Mereka akan peduli terhadap sesama, saling membantu dan saling berkembang untuk menjadi comunitas yang cerdas. Siswa yang telah berhasil dimotovasi akan terlihat sikap simpati dan empati, ini adalah bagian dari kehidupan bermasyarakat social yang beradab.

Comments

Popular posts from this blog

Manajemen Mutu Terpadu

Manajemen Pendidik Dayah

Mengapa saya menjadi guru?