Ujian, budaya belajar musiman?

Hallo pelanggan pendidikan, sulit rasanya meninggalkan budaya menulis. Walaupun harus selesai dalam beberapa hari. Hari ini saya akan membagikan pengalaman saya terhadap suasana ujian yang  diadakan di sekolah kami. Sekolah kami adalah boarding school, sekolah yang penuh dengan warna. Banyak keunikan terjadi di sekolah boarding school. Karena budaya belajar disana tidak sama dengan budaya sekolah biasa.

Budaya belajar?

Budaya belajar adalah serangkaian kegiatan dalam melaksanakan tugas belajar yang dilakukan. Kita menjadikan belajar sebagai kebiasaan, dimana jika kebiasaan itu tidak dilakukan maka melanggar suatu nilai atau patokan yang ada (Rusyan, 2007 : 12).

Lingkungan sekolah menjadi atmosphir penting bagi perkembangan belajar siswa. Sementara di lingkungan rumah, harus memiliki iklim psikologis sehat yang diwarnai oleh rasa sayang, saling percaya, keterbukaan, keakraban, dan saling memiliki diantara anggota keluarganya. Sekolah kami menyatukan lingkungan sekolah dan lingkungan rumah menjadi sebuah iklim belajar yang berkaitan satu sama lain.

Dibutuhkan suatu upaya untuk menumbuhkan budaya belajar, seperti pemberian motivasi dan pendampingan. Jika penumbuhan budaya belajar memiliki banyak tantangan dan hambatan. Apalagi di era modern seperti sekarang ini, banyak sekali faktor yang mampu menggoda para siswa sehingga tidak memiliki budaya untuk belajar. Seperti smart phone, acara tv, dan dunia hiburan lainnya. Kami di bording school melarang mereka menggunakan  smart phone dan benda-benda lain yang melalaikan. Upaya  untuk menumbuhkan budaya belajar sangat efektif bila dilakukukan di bording school.
Aktifitas belajar formal telah selesai, kami sekarang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian lisan sebagai langkah awal menuju ujian tulisan pada minggu depan. Aktivitas ujian lisan tidak dibatasi untuk hanya dilakukan di kelas saja, namun kami bebas menyelenggarakannya dimana yang membuat peserta didik nyaman.

Saya sangat senang melihat peserta didik saya yang sedang mempersiapkan belajar mereka untuk mengikuti ujian, saya melihat berbagai style belajar yang unik, mereka panic karena sebagian dari mereka tidak mempersipakan belajarnya dari jauh-jauh hari. Guru yang menguji mereka juga tidak kalah unik, mereka mendesain suasana ujian senyaman mungkin. Berikut cuplikan ujian mereka:







Comments

Popular posts from this blog

Manajemen Mutu Terpadu

Manajemen Pendidik Dayah

Mengapa saya menjadi guru?